VISI MISI DAN TUJUAN SMA N 2 SARMI

VISI, MISI SMA N 2 SARMI

Visi dari SMA Negeri 2 Sarmi adalah:

“Disiplin , Terampil, Mandiri dan Berakhlak.”

B. Misi SMA Negeri 2 Sarmi

Misi SMA Negeri 2 Sarmi ditetapkan sebagai representasi dari elemen visi SMA Negeri 2 Sarmi dan elemen Profil Pelajar Pancasila, sebagai berikut:

  1. Membangun kesadaran tertib aturan, tertib beribadah, dan tertib 8k (Ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, Ketertiban, Kesopanan, Kedisiplinan, Keamanan, Kebersihan, Keindahan, dan Kekeluargaan) pada peserta didik. Merupakan representasi dari visi “disiplin” dan elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak Mulia.
  2. Mengembangkan rasa sayang, peduli, hormat, dan menghargai diri sendiri terwujud dalam sikap integritas, yakni menampilkan tindakan yang konsisten dengan apa yang dikatakan dan dipikirkan. Repesentasi dari visi “ Disiplin” dan elemen Profil Pelajar Pancasila “Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia”.
  3. Membimbing peserta didik dan menerapkan pembelajaran berbasis HOTS dan membangun kemampuan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya dan finansial), dengan memperhatikan minat dan bakat peserta didik. Merupakan representasi dari visi “terampil” dan elemen Profil Pelajar Pancasila “bernalar kritis”.
  4. Memfasilitasi terlampauinya capaian pembelajaran minimal oleh peserta didik melalui identifikasi permasalahan belajar, pendampingan, perbaikan, pemantauan perkembangan belajar dan kerjasama dengan orang tua. Merupakan representasi dari visi “terampil’ dan elemen Profil Pelajar Pancasila “Mandiri”.
  5. Membimbing peserta didik untuk mengembangkan rasa empati, peduli, murah hati, dan welas asih kepada orang lain. Repesentasi dari visi “berakhlak” dan elemen Profil Pelajar Pancasila “ Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia”.

Tujuan SMA Negeri 2 Sarmi

Adapun Tujuan dari SMA Negeri 2 Sarmi adalah untuk :

  1. Mengembangkan budaya disiplin dan tertib aturan pada diri peserta didik melalui pembelajaran dan aktivitas di sekolah.
  2. Membentuk peserta didik yang mandiri dalam belajar dan berorganisasi (OSIS).
  3. Membangun kesadaran peserta didik terhadap budaya berliterasi untuk meningkatkan kecakapan hidup abad 21, melalui budaya gemar membaca di sekolah dan melalui pembelajaran.
  4. Membentuk peserta didik yang jujur, memiliki kesopanan, rasa empati dan welas asih, menghargai diri sendiri dan orang lain sebagai cerminan peserta didik yang berakhlak.